Minggu, 23 Oktober 2022

ASPEK KONTEN PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI


ASPEK KONTEN
PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

 DIFERENSIASI KONTEN

Diferensiasi konten adalah metode pembelajaran dengan cara memberikan materi kepada siswa berdasarkan ketrampilan, profil belajar, dan pengetahuannya, tetapi tetap sejalan dengan kurikulum yang berlaku.

 TIGA ASPEK DALAM MENENTUKAN KONTEN
  • Aspek kesiapan belajar berupa kemampuan awal peserta didk
  • Aspek minat peserta didikbrkaitan dengan topik belajar yang dibutuhkan dan disukai
  • Aspek profil belajar peserta didik seperti audio, visual, , audio-visual dan kinesteti
STUDI KASUS
Bu Indah mengajar di kelas 5 SD. Beliau hendak mengajarkan materi operasi hitung pada bilangan bulat. Melalui hasil proses tanya-jawab di awal pelajaran dan gaya belajar peserta didiknya, Bu Indah menyiapkan format penyampaian materi yang berbeda. Untuk peserta didik dengan gaya belajar audio-visual, Bu Indah menampilkan video pembelajaran dengan animasi dan suara yang menarik. Peserta didik dengan gaya belajar visual ditampilkan gambar-gambar visualisasi untuk menunjang materi. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik secara aktif diajak mempratikkan langsung operasi hitung bilangan bulat. Jika peserta didik belajar dalam tahap konkret, Bu Indah menggunakan alat peraga yang berkaitan dengan materi yang beliau ajarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kurikulum Merdeka

  Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan seb...