INFORMASI
UMUM |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. IDENTITAS MODUL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penyusun Instansi Tahun Penyusunan Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Fase / Kelas Materi Pembelajaran Alokasi Waktu |
: : : : : : : : |
Dinda Marcelina, S. Pd. 2022 SD Bahasa Indonesia A / 2 Cara
menjaga kesehatan tubuh 1
kali pertemuan/ 2x35 menit |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KOMPETENSI
INTI (KI) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara. 3.
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. 4.
Menunjukkan
keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan
yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR (KD) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4 Mengenal kosakata
dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan
sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual. 4.4 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang lingkungan sehat
dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga
kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
INDIKATOR |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat
dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis,
lisan, dan visual. 3.4.2 Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan lingkungan
sehat berdasarkan teks. 4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata bahasa indonesia
yang berkaitan dengan lingkungan sehat |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. KOMPETENSI AWAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Peserta
didik dapat menganalisis sikap agar terwujud persatuan dalam permainan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
· Bernalar Kritis · Bergotong royong · Mandiri ·
Kreatif |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. SARANA DAN PRASARANA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
SUMBER
DAN MEDIA 1.
Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 2 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018). 2.
Lingkungan
sekitar 3.
Gambar cara
menjaga kesehatan tubuh 4.
Power
point 5.
Video pembelajaran
: https://youtu.be/nNevPoS-glY dan https://www.youtube.com/watch?v=ydIc-7O2-4w. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. TARGET PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Siswa
reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi
ajar. ·
Siswa
dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai
keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. JUMLAH PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Maksimum
35 Siswa |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. MODEL PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Pembelajaran
Tatap Muka Problem Based Learning |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan
Pembelajaran: 1.
Dengan mengamati gambar, peserta didik dapat mengenalisis
pentingya menjaga kesehatan tubuh dengan benar. 2.
Dengan berdiskusi, peserta didik dapat menemukan
cara menjaga kesehatan tubuh dengan tepat. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
PEMAHAMAN BERMAKNA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Peserta didik mampu menemukan cara menjaga
kesehatan tubuh.. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
PERTANYAAN PEMANTIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Apakah anak-anak sebelum makan mencuci tangannya? ·
Apakah sebelum tidur anak-anak menggosok giginya? |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran a. Persiapan Mengajar Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, guru harus
melakukan persiapan yang maksimal supaya kegiatan pembelajaran yang dilakukan
bersama peserta didik bisa berjalan maksimal dan bermakna. Adapun yang harus
dipersiapkan guru, di antaranya sebagai berikut: 1) Peralatan Pembelajaran Adapun alternatif peralatan
pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh guru sebelum memulai kegiatan
pembelajaran pada kegiatan belajar 1 ini, diantaranya: a.
Laptop, b.
Proyektor c.
Papan
tulis d.
Gambar
cara menjaga kesehatan tubuh e.
Power
Point f.
Video
pembelajaran : https://youtu.be/nNevPoS-glY dan https://www.youtube.com/watch?v=ydIc-7O2-4w. 2) Media Pembelajaran a.
Power
Point b.
Gambar
cara menjaga kesehatan tubuh c.
Video
pembelajaran : https://youtu.be/nNevPoS-glY https://www.youtube.com/watch?v=ydIc-7O2-4w
A.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. REFLEKSI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. ASESMEN / PENILAIAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Penilaian Sikap Penilaian
sikap dapat dilakukan di sepanjang proses pembelajaran. Teknik penilaian yang
paling mudah adalah dengan teknik pengamatan atau observasi. Adapun
format observasi penilaian sikap dapat menggunakan contoh format berikut ini: Pedoman Pengamatan Sikap Kelas
: 2 Hari,
Tanggal : Rabu, 16 November
2022 Pertemuan
Ke- : 6 Materi
Pembelajaran : Bahasa Indonesia
b. Penilaian Pengetahuan Penilaian
Pengetahuan dilakukan dalam bentuk tes tertulis/lisan dengan menjawab
soal-soal sebagai berikut: Berilah tanda þ pada jawaban yang tepat jika gambar di bawah ini merupakan
cara menjaga kesehatan tubuh yang sesuai atau tidak 1.
o Sesuai
o Tidak Sesuai 2.
o Sesuai
o Tidak Sesuai 3.
o Sesuai
o Tidak Sesuai 4.
o Sesuai
o Tidak Sesuai 5.
o Sesuai
o Tidak Sesuai Pedoman
Penskoran
c. Penilaian Keterampilan Penilaian
keterampilan dilakukan untuk mengukur ketercapaian aspek keterampilan kewarganegaraan.
Penilaian ini dapat dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik
dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau
mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran
pada saat menyampaikan pendapat di kelompok atau saat presentasi. Format
penilaian dapat menggunakan contoh format di bawah ini: : Pedoman Pengamatan Diskusi
Aspek dan Rubrik Penilaian
Perhitungan Perolehan nilai Nilai akhir yang diperoleh merupakan akumulasi dari
perolehan nilai untuk setiap aspek dengan ketentuan sebagai berikut : Jika peserta didik pada aspek pertama memperoleh nilai 20,
aspek kedua 30, aspek keempat 40, maka total perolehan nilainya adalah 90. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G.
KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengayaan Guru dapat menyampaikan materi
pengayaan untuk dipelajari oleh peserta didik secara mandiri atau
berkelompok. Guru dapat mengangkat topik atau materi tentang contoh-contoh
bangun ruang yang ada di rumah. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LAMPIRAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) Kelompok
:
........................................................................... Kelas
:
............................................................................. Nama
Anggota 1.
........................................................................... 2.
............................................................................. 3.
............................................................................. 4.
............................................................................. 5.
............................................................................. Diskusikan jawaban dan tuliskan ke dalam kolom di bawah
ini! |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. BAHAN AJAR |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Apa itu kesehatan? Kesehatan adalah
kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan
sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan. Pemahaman tentang kesehatan telah
bergeser seiring dengan waktu. Cara
Menjaga Kesehatan Tubuh 1.
Mencuci
tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan 2.
Membasuh
kaki saat baru tiba dari luar rumah 3.
Rajin
mandi dengan sabun dan air mengalir 4.
Menggosok
gigi sesudah makan dan sebelum tidur 5.
Memotong
kuku-kuku yang panjang |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. GLOSARIUM |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
· Kesehatan adalah kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan
sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan. Pemahaman tentang kesehatan telah
bergeser seiring dengan waktu. · Tubuh atau
badan adalah bagian fisik materi manusia atau hewan, yang dapat dikontraskan
dengan roh, sifat, dan tingkah laku. ·
Kebersihan berasal dari kata bersih yang artinya
yaitu bebas dari kotoran, sedangkan kebersihan yaitu keadaan yang
menurut akal dan pengetahuan manusia dianggap tidak mengandung noda atau
kotoran. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. DAFTAR PUSTAKA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Buku guru dan
buku siswa b. https://id.wikipedia.org/wiki/Kesehatan c. https://adjar.grid.id/read/542994175/cara-menjaga-kebersihan-badan-kelas-2-tema-4?page=all |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar