Kamis, 15 Desember 2022

Referensi Modul Ajar Kurikulum Merdeka

 

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA 2022 

Bahasa Indonesia  SD KELAS 2

 

 


INFORMASI UMUM 

A.  IDENTITAS MODUL

Penyusun

Instansi

Tahun Penyusunan

Jenjang Sekolah

Mata Pelajaran

Fase / Kelas

Materi Pembelajaran

Alokasi Waktu

:

:

:

:

:

:

:

:

Dinda Marcelina, S. Pd.

 

2022

SD

Bahasa Indonesia

A / 2

Manfaat hutan bagi Kehidupan

1 kali pertemuan/ 2x35 menit

KOMPETENSI INTI (KI)

1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.

3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR (KD)

3.4 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

4.4 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan  tentang  lingkungan  sehat  dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

 

INDIKATOR

3.4.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual. 

3.4.2 Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks.

4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata bahasa indonesia yang berkaitan dengan lingkungan sehat .

B.  KOMPETENSI AWAL 

·   Peserta didik dapat peserta didik dapat mengidentifikasi makna kosa kata di dalam percakapan dengan benar.

·   Peserta didik dapat menemukan manfaat hutan bagi kehidupan dengan tepat.

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

·       Bernalar Kritis

·       Bergotong royong

·       Mandiri

·       Kreatif

D.  SARANA DAN PRASARANA

SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.    Lingkungan sekitar

3.    Power point

4.    Video pembelajaran : https://youtu.be/aJ2dvFFg830

 

E.  TARGET PESERTA DIDIK

·   Siswa reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

·   Siswa dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin

F.   JUMLAH PESERTA DIDIK

·    Maksimum 35  Siswa

G.  MODEL PEMBELAJARAN

·   Pembelajaran Tatap Muka Problem Based Learning

 

H. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

·   Tujuan Pembelajaran:

1.     Dengan mengamati percakapan, peserta didik dapat mengidentifikasi makna kosa kata di dalam percakapan dengan benar.

2.     Dengan berdiskusi, peserta didik dapat menemukan manfaat hutan bagi kehidupan dengan tepat.

I.               PEMAHAMAN BERMAKNA 

·       Peserta didik mampu menemukan kosa kata di dalam percakapan

·       Peserta didik dapat menemukan manfaat hutan bagi kehidupan

C.  PERTANYAAN PEMANTIK 

·       Siapa yang pernah ikut karyawisata?

·       Kemana anak-anak pergi karyawisata?

J.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

a.  Persiapan Mengajar

Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, guru harus melakukan persiapan yang maksimal supaya kegiatan pembelajaran yang dilakukan bersama peserta didik bisa berjalan maksimal dan bermakna. Adapun yang harus dipersiapkan guru, di antaranya sebagai berikut:

1)  Peralatan Pembelajaran

Adapun alternatif peralatan pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran pada kegiatan belajar 1 ini, diantaranya:

a.     Laptop

b.     Proyektor

c.     Papan tulis

d.     Video pembelajaran

e.     Power Point

 

2)  Media Pembelajaran

a.     Power Point

 

b.     Video pembelajaran

 

 

 

 



A.             KEGIATAN  PEMBELAJARAN 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    10

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

 

·       1) Orientasi siswa pada masalah,

 

Guru memberikan pertanyaan pemantik

     

·       Siapa yang pernah ikut karyawisata?

·       Kemana anak-anak pergi karyawisata?

 

·       2) Mengorganisasi siswa untuk belajar, 

  • Siswa sudah dibagi kedalam kelompok berdasarkan gaya belajarnya masing sebanyak 6 kelompok terdiri dari 5-6 siswa secara heterogen
  • Guru menampilkan percakapan pada power point

 

 

 

 

 

 

·       Peserta didik membaca teks yang ditampilkan guru

·       Peserta didik menemukan kosa kata di dalam percakapan

·       Peserta didik mencari makna dari kosa kata yang telah ditemukan

·       Guru menampilkan video pembelajaran

 

·       3) Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

·       Guru membagikan LKPD

·       Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan manfaat hutan bagi kehidupan

·       Peserta didik menemukan manfaat hutan bagi kehidupan

  • Guru memberikan bimbingan serta arahan kepada siswa agar dapat menemukan cara menjaga kesehatan tubuh.

 

  • Peserta didik menuliskan hasil diskusi pada LKPD yang sudah dibagikan.

 

 (Creativity and Innovation)

 

 

 

Tahap 4 mengembangkan dan menyajikan hasil karya

  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil temuan dan diskusinya kemudian. Kelompok yang lain memberika tanggapan tentang hasil presentasi dengan raise hand terlebih dahulu

4. Tahap 4 menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

  • Masing-masing kelompok memberikan tanggapan terhadap kelompok yg sedang melakukan presentasi dan menilai hasil presentasi teman-temannya dan memberikan penilaian

    50

    Menit

Kegiatan

Penutup

·   Siswa menyimpulkan tentang apa saja cara menjaga kesehatan tubuh.

·   Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi dan feedback

·   Guru mengumumkan presentasi terbaik sebagai motivasi

    10

    Menit

 

E.  REFLEKSI 

 

F.  ASESMEN / PENILAIAN

 

a.  Penilaian Sikap

Penilaian sikap dapat dilakukan di sepanjang proses pembelajaran. Teknik penilaian yang paling mudah adalah dengan teknik pengamatan atau observasi. 

Adapun format observasi penilaian sikap dapat menggunakan contoh format berikut ini:

 

 

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                            : 2

Hari, Tanggal              : Sabtu, 19 November 2022

Pertemuan Ke-            : 2

Materi Pembelajaran  : Bahasa Indonesia

No

Nama Peserta

Didik

Aspek Penilaian

Kejujuran

Komunikatif

Tanggung

Jawab

percaya diri

1.

2.

3.

4.

5.

 

b.  Penilaian Pengetahuan

Penilaian Pengetahuan dilakukan dalam bentuk tes tertulis/lisan dengan menjawab soal-soal sebagai berikut:

 

 

 

 

 

Pedoman Penskoran

 

No

Kunci Jawaban

Skor

1

Benar

20

2

Salah

20

3

Benar

20

4

Salah

20

5

Benar

20

 

Total Keseluruhan

100

 

 

c. Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur ketercapaian aspek keterampilan kewarganegaraan. Penilaian ini dapat dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan pendapat di kelompok atau saat presentasi. Format penilaian dapat menggunakan contoh format di bawah ini: :

 

Pedoman Pengamatan Diskusi

No

Nama Peserta

Didik

Aspek Penilaian

Jumlah Nilai

1

2

3

1.

2.

3.

4.

5.

 

Aspek dan Rubrik Penilaian

No

Aspek Penilaian

Nilai

Perolehan

Nilai

1.

Kejelasan dan kedalaman informasi

a. Informasi disampaikan secara jelas, lengkap, dan relevan dengan topik/tema yang didiskusikan

30

b. Informasi disampaikan secara jelas, lengkap, tetapi kurang relevan dengan topik/tema yang didiskusikan.

20

c. Informasi disampaikan secara jelas, tetapi kurang lengkap.

10

2.

Keaktifan dalam berdiskusi

a. Sangat aktif dalam diskusi.

30

b. Cukup aktif dalam diskusi.

20

c. Kurang aktif dalam diskusi.

20

3.

Kejelasan dan kerapian dalam presentasi

a. Presentasi sangat jelas dan rapi.

40

b. Presentasi cukup jelas dan rapi.

30

c. Presentasi dengan jelas tetapi kurang rapi.

20

d. Presentasi dengan kurang jelas dan kurang rapi.

10

Perhitungan Perolehan nilai

Nilai akhir yang diperoleh merupakan akumulasi dari perolehan nilai untuk setiap aspek dengan ketentuan sebagai berikut :

Jika peserta didik pada aspek pertama memperoleh nilai 20, aspek kedua 30, aspek keempat 40, maka total perolehan nilainya adalah 90.

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan 

Guru dapat menyampaikan materi pengayaan untuk dipelajari oleh peserta didik secara mandiri atau berkelompok. Guru dapat mengangkat topik atau materi tentang contoh-contoh bangun ruang yang ada di rumah.

 

 

 

 

 

LAMPIRAN 

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

 

 

 

Kelompok          : ...........................................................................

Kelas                  : .............................................................................

Nama Anggota

1. ...........................................................................

2. .............................................................................

3. .............................................................................

4. .............................................................................

5. .............................................................................

 

Diskusikan jawaban dan tuliskan ke dalam kolom di bawah ini!

Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN AJAR

.

 

 

Hutan Merupakan Paru-paru Dunia

 

Kelestarian hutan wajib dijaga. Hutan tidak boleh dibakar, ditebang, ataupun dirusak. Jika hutan rusak, berbahaya bagi kehidupan manusia. Lingkungan bisa banjir. Banjir akan membuat lingkungan menjadi kotor. Lingkungan yang kotor akan membawa penyakit.

 

Hutan banyak manfaatnya bagi kehidupan. Dengan hutan yang asri, kita dapat menghirup udara segar. Lingkungan juga akan menjadi indah. Di hutan terdapat banyak pohon. Pohon yang banyak membuat lingkungan sejuk. Lingkungan menjadi nyaman dan sehat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hutan merupakan paruparu dunia.

 

 

C.   GLOSARIUM

 

·       Hutan adalah wilayah daratan yang didominasi oleh pepohonan. Ratusan definisi hutan digunakan di seluruh dunia, menggabungkan faktor-faktor seperti kerapatan pohon, tinggi pohon, penggunaan lahan, kedudukan hukum, dan fungsi ekologis.

·       Karya wisata adalah kunjungan ke suatu objek dalam rangka memperluas pengetahuan dalam hubungan dengan pekerjaan seseorang atau sekelompok orang.

·       Hutan lindung adalah kawasan hutan yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau kelompok masyarakat tertentu untuk dilindungi, agar fungsi-fungsi ekologisnya—terutama menyangkut tata air dan kesuburan tanah—tetap dapat berjalan dan dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di sekitarnya.

D.   DAFTAR PUSTAKA

a.    Buku guru dan buku siswa

b.    https://youtu.be/aJ2dvFFg830

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kurikulum Merdeka

  Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan seb...