INFORMASI
UMUM
|
A. IDENTITAS MODUL
|
Penyusun
Instansi
Tahun Penyusunan
Jenjang Sekolah
Mata Pelajaran
Fase / Kelas
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
Dinda Marcelina, S. Pd.
2022
SD
Bahasa Indonesia
A / 2
Manfaat
hutan bagi Kehidupan
1
kali pertemuan/ 2x35 menit
|
KOMPETENSI
INTI (KI)
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
3.4 Menentukan
kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan
4.4 Menyajikan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan
tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan
dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
INDIKATOR
|
3.4.1 Menjelaskan
kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.2 Mengidetifikasi
kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks.
4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata bahasa indonesia yang
berkaitan dengan lingkungan sehat .
|
B. KOMPETENSI AWAL
|
·
Peserta didik
dapat peserta didik dapat mengidentifikasi makna kosa kata di dalam
percakapan dengan benar.
·
Peserta
didik dapat menemukan manfaat hutan bagi kehidupan dengan tepat.
|
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
|
· Bernalar Kritis
· Bergotong royong
· Mandiri
·
Kreatif
|
D. SARANA DAN PRASARANA
|
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 2 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
2.
Lingkungan
sekitar
3.
Power
point
4.
Video
pembelajaran : https://youtu.be/aJ2dvFFg830
|
E. TARGET PESERTA DIDIK
|
·
Siswa
reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi
ajar.
·
Siswa
dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai
keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin
|
F. JUMLAH PESERTA DIDIK
|
·
Maksimum
35 Siswa
|
G. MODEL PEMBELAJARAN
|
·
Pembelajaran
Tatap Muka Problem Based Learning
|
|
|
H. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
·
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Dengan
mengamati percakapan, peserta didik dapat mengidentifikasi makna kosa kata di
dalam percakapan dengan benar.
2.
Dengan
berdiskusi, peserta didik dapat menemukan manfaat hutan bagi kehidupan dengan
tepat.
|
I.
PEMAHAMAN BERMAKNA
|
·
Peserta
didik mampu menemukan kosa kata di dalam percakapan
·
Peserta
didik dapat menemukan manfaat hutan bagi kehidupan
|
C. PERTANYAAN PEMANTIK
|
·
Siapa yang
pernah ikut karyawisata?
·
Kemana
anak-anak pergi karyawisata?
|
J. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|
|
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Persiapan Mengajar
Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, guru harus
melakukan persiapan yang maksimal supaya kegiatan pembelajaran yang dilakukan
bersama peserta didik bisa berjalan maksimal dan bermakna. Adapun yang harus
dipersiapkan guru, di antaranya sebagai berikut:
1) Peralatan Pembelajaran
Adapun alternatif peralatan
pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh guru sebelum memulai kegiatan
pembelajaran pada kegiatan belajar 1 ini, diantaranya:
a.
Laptop
b.
Proyektor
c.
Papan
tulis
d.
Video
pembelajaran
e.
Power
Point
2) Media Pembelajaran
a.
Power
Point
b.
Video
pembelajaran
A.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Melakukan
Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.
Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan
dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran
·
1) Orientasi siswa
pada masalah,
Guru memberikan
pertanyaan pemantik
· Siapa yang pernah ikut karyawisata?
· Kemana anak-anak pergi karyawisata?
·
2) Mengorganisasi
siswa untuk belajar,
- Siswa sudah dibagi kedalam kelompok
berdasarkan gaya belajarnya masing sebanyak 6 kelompok terdiri dari 5-6
siswa secara heterogen
- Guru menampilkan percakapan
pada power point
· Peserta didik membaca teks yang ditampilkan guru
· Peserta didik menemukan kosa kata di dalam percakapan
· Peserta didik mencari makna dari kosa kata yang telah
ditemukan
· Guru menampilkan video pembelajaran
· 3)
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
· Guru
membagikan LKPD
· Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan manfaat hutan bagi
kehidupan
· Peserta
didik menemukan manfaat hutan bagi kehidupan
- Guru memberikan bimbingan
serta arahan kepada siswa agar dapat menemukan cara menjaga kesehatan
tubuh.
- Peserta didik menuliskan
hasil diskusi pada LKPD yang sudah dibagikan.
(Creativity and Innovation)
Tahap 4 mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
- Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil temuan dan diskusinya kemudian. Kelompok
yang lain memberika tanggapan tentang hasil presentasi dengan raise
hand terlebih dahulu
4. Tahap 4 menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
- Masing-masing kelompok
memberikan tanggapan terhadap kelompok yg sedang melakukan presentasi
dan menilai hasil presentasi teman-temannya dan memberikan penilaian
|
50
Menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
·
Siswa menyimpulkan
tentang apa saja cara menjaga kesehatan tubuh.
·
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil diskusi dan feedback
·
Guru
mengumumkan presentasi terbaik sebagai motivasi
|
10
Menit
|
|
E.
REFLEKSI
|
|
F. ASESMEN / PENILAIAN
|
a. Penilaian Sikap
Penilaian
sikap dapat dilakukan di sepanjang proses pembelajaran. Teknik penilaian yang
paling mudah adalah dengan teknik pengamatan atau observasi.
Adapun
format observasi penilaian sikap dapat menggunakan contoh format berikut ini:
Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas
: 2
Hari,
Tanggal : Sabtu, 19 November
2022
Pertemuan
Ke- : 2
Materi
Pembelajaran : Bahasa Indonesia
No
|
Nama
Peserta
Didik
|
Aspek
Penilaian
|
Kejujuran
|
Komunikatif
|
Tanggung
Jawab
|
percaya diri
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Pengetahuan
Penilaian
Pengetahuan dilakukan dalam bentuk tes tertulis/lisan dengan menjawab
soal-soal sebagai berikut:
Pedoman
Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Benar
|
20
|
2
|
Salah
|
20
|
3
|
Benar
|
20
|
4
|
Salah
|
20
|
5
|
Benar
|
20
|
|
Total Keseluruhan
|
100
|
c. Penilaian Keterampilan
Penilaian
keterampilan dilakukan untuk mengukur ketercapaian aspek keterampilan
kewarganegaraan. Penilaian ini dapat dilakukan guru dengan melihat kemampuan
peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab
pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam
memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan pendapat di kelompok atau saat
presentasi. Format penilaian dapat menggunakan contoh format di bawah ini: :
Pedoman Pengamatan Diskusi
No
|
Nama
Peserta
Didik
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah
Nilai
|
1
|
2
|
3
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Aspek dan Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
Penilaian
|
Nilai
|
Perolehan
Nilai
|
1.
|
Kejelasan dan kedalaman informasi
|
|
|
a. Informasi disampaikan secara jelas, lengkap, dan
relevan dengan topik/tema yang didiskusikan
|
30
|
|
b. Informasi disampaikan secara jelas, lengkap, tetapi
kurang relevan dengan topik/tema yang didiskusikan.
|
20
|
|
c. Informasi disampaikan secara jelas, tetapi kurang
lengkap.
|
10
|
|
2.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
a. Sangat aktif dalam diskusi.
|
30
|
|
b. Cukup aktif dalam diskusi.
|
20
|
|
c. Kurang aktif dalam diskusi.
|
20
|
|
3.
|
Kejelasan dan kerapian dalam presentasi
|
|
|
a. Presentasi sangat jelas dan rapi.
|
40
|
|
b. Presentasi cukup jelas dan rapi.
|
30
|
|
c. Presentasi dengan jelas tetapi kurang rapi.
|
20
|
|
d. Presentasi dengan kurang jelas dan kurang rapi.
|
10
|
|
Perhitungan Perolehan nilai
Nilai akhir yang diperoleh merupakan akumulasi dari
perolehan nilai untuk setiap aspek dengan ketentuan sebagai berikut :
Jika peserta didik pada aspek pertama memperoleh nilai 20,
aspek kedua 30, aspek keempat 40, maka total perolehan nilainya adalah 90.
|
|
|
|
G.
KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL
|
Pengayaan
Guru dapat menyampaikan materi
pengayaan untuk dipelajari oleh peserta didik secara mandiri atau
berkelompok. Guru dapat mengangkat topik atau materi tentang contoh-contoh
bangun ruang yang ada di rumah.
|
LAMPIRAN
|
A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
|
Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD)
|
Kelompok
:
...........................................................................
Kelas
:
.............................................................................
Nama
Anggota
1.
...........................................................................
2.
.............................................................................
3.
.............................................................................
4. .............................................................................
5.
.............................................................................
Diskusikan jawaban dan tuliskan ke dalam kolom di bawah
ini!
Manfaat Hutan Bagi Kehidupan
|
|
B. BAHAN AJAR
|
.
Hutan
Merupakan Paru-paru Dunia
Kelestarian hutan wajib dijaga. Hutan
tidak boleh dibakar, ditebang, ataupun dirusak. Jika hutan rusak, berbahaya
bagi kehidupan manusia. Lingkungan bisa banjir. Banjir akan membuat
lingkungan menjadi kotor. Lingkungan yang kotor akan membawa penyakit.
Hutan banyak manfaatnya bagi kehidupan.
Dengan hutan yang asri, kita dapat menghirup udara segar. Lingkungan juga
akan menjadi indah. Di hutan terdapat banyak pohon. Pohon yang banyak
membuat lingkungan sejuk. Lingkungan menjadi nyaman dan sehat. Dengan
demikian, dapat dikatakan bahwa hutan merupakan paruparu dunia.
|
|
C. GLOSARIUM
|
·
Hutan adalah wilayah daratan yang didominasi oleh
pepohonan. Ratusan definisi hutan digunakan di seluruh dunia, menggabungkan
faktor-faktor seperti kerapatan pohon, tinggi pohon, penggunaan lahan,
kedudukan hukum, dan fungsi ekologis.
·
Karya wisata adalah kunjungan ke suatu objek dalam
rangka memperluas pengetahuan dalam hubungan dengan pekerjaan seseorang atau
sekelompok orang.
·
Hutan lindung adalah kawasan hutan yang telah
ditetapkan oleh pemerintah atau kelompok masyarakat tertentu untuk
dilindungi, agar fungsi-fungsi ekologisnya—terutama menyangkut tata air dan
kesuburan tanah—tetap dapat berjalan dan dinikmati manfaatnya oleh masyarakat
di sekitarnya.
|
D. DAFTAR PUSTAKA
|
a. Buku guru dan
buku siswa
b. https://youtu.be/aJ2dvFFg830
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar